Visi dan Misi

4.1    VISI DAN MISI SKPD

Visi SKPD adalah gambaran arah pembangunan atau kondisi masa depan

yang ingin di capai SKPD melalui penyelenggaraan tugas dan fungsi dalam kurun waktu lima tahun yang akan datang, sedangkan Misi SKPD adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan misi SKPD. Visi merupakan pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana suatu organisasi harus dibawa berkarya agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif dan produktif. Visi dapat membantu organisasi untuk mendefinisikan kemana organisasi akan dibawa dan membantu mendefinisikan bagaimana pelayanan harus dilaksanakan. Sedangkan menurut Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan.

Untuk itu Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata yang merupakan salah satu pelaku pembangunan kebudayaan, kepariwisataan, kepemudaan dan keolahragaan Kabupaten Tanah Bumbu merumuskan Visi sebagai berikut :

VISI

TERWUJUDNYA KEPEMUDAAN, KEOLAHRAGAAN, KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN YANG BERDAYA SAING MENJADI KEBANGGAAN MASYARAKAT BERBASIS PADA IMAN DAN TAQWA

 

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas serta berpedoman terhadap tugas pokok dan fungsi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata yang berperan sebagai pelaksana regulasi dalam pembangunan kebudayaan dan kepariwisataan, maka misi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2015-2021 adalah :

  1. Mewujudkan generasi muda yang memiliki daya saing.
  2. Pengembangan dan pelestarian seni dan budaya daerah berbasis pada kearifan lokal.
  3. Pengembangan kepariwisataan yang memiliki keunggulan kompetitif.
  4. Peningkatan prestasi olahraga.