10 Ribu Apam Meriahkan Teluk Apam

Batulicin-Sepuluh ribu apam beraneka warna dan rasa meriahkan acara puncak selamatan laut Pantai Teluk Apam yang diselenggarakan di Desa Setarap Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (10/12) siang.

Sepuluh ribu apam sumbangan masyarakat itu diarak mengitari pinggir pantai yang menjadi pusat acara dengan menggunakan miniatur sebuah perahu. Dan selanjutnya apam-apam tersebut dibagikan kepada warga masyarakat yang hadir untuk dinikmati bersama-sama.
Screenshot_2017-12-11-08-47-56-545_com.yahoo.mobile.client.android.mail
Kemeriahan bertambah dimana pada acara arak-arakan tersebut juga diikuti Wakil Bupati H Sudian Noor, Wakil Ketua DPRD, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD, Camat berserta Unsur Muspika, Kepala Desa Setarap dan Jajaranya, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat setempat.

Screenshot_2017-12-11-08-48-33-590_com.yahoo_.mobile.client.android.mail_-300x211 (1)Sebelumnya Kepla Desa Setarap HM Taufik dalam laporanya mengatakan, kegiatan selamatan laut ini merupakan warisan budaya dari para tokoh-tokoh pendahulu pantai teluk apam. Yang mana dimasa lalu para nelayan pantai teluk apam mewujudkan rasa syukurnya atas hasil laut yang melimpah dengan menggelar selamatan laut menggunakan “wadai apam”.

“ Kegiatan ini merupakan budaya leluhur yang dilaksankan secara turun-temurun, sebagai wujud rasa syukur atas hasil laut yang melimpah,” papar Taufik.

Dikatakanya, selain selamatan 10 ribu apam, acara selamatan laut juga dirangkai dengan kegiatan lainya, seperti lomba balogo, lomba layang-layang hias, dan lomba dayung.

Bahkan pada acara puncak juga digelar peresmian Kantor Desa Setarap dan kegiatan cuci kaki ibu oleh siswa dan siswi SDN Setarap, sebagai wujud rasa kecintaan dan kepatuahan anak terhadap orang tuanya.

Screenshot_2017-12-11-09-42-06-982_com.android.browserSementara itu, Wakil Bupati H Sudian Noor dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah Daerah mendukung kegiatan yang telah dilaksanakan. Karena kegiatan tersebut sebagai upaya untuk melestarikan kekayaan seni budaya daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang sarat akan kearifan lokalnya.

Screenshot_2017-12-11-09-42-06-982_com.android.browserLP

Untuk itu, Wabub mengharapkan kegiatan ini terus dikembangkan dan dijadikan even tahunan masyrakat Tanah Bumbu, dalam rangka untuk meperkenalkan serta melestarikan seni budaya daerah yang menjadi bagian dalam mempromosikan pariwisata Bumi Bersujud.

Namun Ia juga meminta agar setiap pelaksanaan kegiatan seni budaya di Kabupaten Tanah Bumbu, harus dikemas sedemikian rupa agar tidak melanggar aturan agama yang berlaku. Sehingga kegitan tersebut tidak menimbulkan salah pemahaman di masyrakat luas.

“ Saya minta kepada Kepala Dinas Pariwisata agar menjadikan kegiatan selamatan laut ini sebagai kegiatan tahunan Kabupaten Tanah Bumbu yang dikemas dengan baik, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman dimasyarakat,” ujarnya.

Diakhir acara Wabub H Sudian Noor berkesempatan meresmikan Kantor Desa Setarap yang baru dibangun. Peresmian Kantor Desa tersebut ditandai dengan pengguntingan vita oleh Wabub dan disaksikan oleh tamu undangan yang hadir. YNR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *